Napza Adalah

Posted on

Napza Adalah : Pengertian, Macam dan Jenisnya Lengkap :Saat ini bahaya dan dampak napsa dan obat-obatan di dalam kehidupan dan kesehatan pecandu beserta keluarganya semakin meresahkan. Seperti sisi mata uang yang ada dua, napza menjadi zat yang memiliki banyak manfaat dan memiliki akibat merusak kesehatan. Seperti yang banyak diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis napza yang digunakan untuk proses pemulihan karena efeknya yang dapat menenangkan. Namun jika dipakai dalam kadar yang berlebih bisa menjadi kecanduan. Penyalahgunaan ini biasanya karena si pemakai merasakan efek yang menyenangkan.

Napza Adalah

Dari inilah penyebab munculnya keinginan untuk terus memakai barang trsebut agar bisa merasakan ketenangan yang bersifat halusinasi. Meski akibat penggunaan napza sudah diketahui oleh banyak orang, tetap saja tidak mengurangi orang yang memakainya. Bahaya napza hingga menjadi kecanduan tersebut nyatanya bisa disembuhkan, namun akan lebih baik jika penghentian menggunakan dengan cepat atau tidak memakai sama sekali.


Mengenal Napza dan Macam Jenisnya

Pengertian Napza

Napza adalah zat atau obat baik yang memiliki sifat alamiah, semi sintetis, maupun sintetis yang menyebabkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, dan daya rangsangan. Jika sesuai UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa napza merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari bahan alami yang mempunyai efek halusinasi, kekurangan kesadaran, dan kecanduan. Obat-obatan tersebut bisa menyebabkan kecanduan jika dipakai berlebihan. Pemanfaatan dari zat-zat itu biasnaya sebagai obat netralisir nyeri dan efek ketenangan. Penyalahgunaannya bisa mendapat sanksi hukum.


Jenis-jenis Napza

Kandungan yang ada di dalam narkoba tersebut memang bisa memberikan dampak bagi kesehatan jika menggunakan dengan salah. Menurut UU tentang Narkotika,trdapat beberapa golongan. Golongan 1 napza adalah zat seperti opium, ganja, dan tanaman koka yang sangat berbahaya jika dikonsumsi karena memiliki resiko tinggi menimbulkan efek kecanduan. Sementara napza golongan 2 bisa digunakan untuk pengobatan jika sesuai dengan resep dokter. Jenis dari golongan ini memiliki 85 jenis, contoh diantaranya seperti Alfaprodina, morfin dan lain-lain. Golongan 2 juga memiliki potensi menimbulkan ketergantungan.

Baca Juga :   Pengertian Anemia

Golongan 3 napza merupakan golongan yang memiliki risiko ketergantungan yang cukup ringan dan banyak digunakan untuk pengobatan serta terapi. Seperti yang sudah diterangkan di atas, ada beberapa jenis napza yang bisa digunakan secara alami namun ada juga yang dibuat dahulu.  Salah satu jenis yang melalui proses kimia adalah napza sintetis. Jenis yang satu ini diperoleh dari proses rumit. Napza ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan pengobatan dan hal penelitian. Contoh dari napza yang bersifat sintetis diantaranya, Metadon, Amfetamin, Deksamfetamin, dan sebagainya.

Jenis selanjutnya napza adalah jenis semi sintetis. Pengolahan napza sintetis menggunakan bahan utama yaitu narkotika alami yang kemudian diolah lagi dengan cara diekstraksi atau menggunakan proses lainnya. Contoh napza semi sintetis adalah Heroin, Morfin Kodein, dan lain-lain. Ganja dan Koka menjadi contoh dari napza yang memiliki sifat alami dan langsung dapat dipakai melalui proses sederhana. Karena memiliki kandungan kuat, zat tersebut tidak digunakan untuk obat. Napza ini sangat bahaya dan bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan salah penggunaan. Salah satu akibat terberat adalah kematian.

Pemakaian napza hanya bisa untuk hal medis seusai dengan prosedur dokter dan juga untuk penelitian. Selebihnya, obat-obatan tersebut tidak bisa memberikan dampak baik bagi tubuh. Yang ada, kualitas hidup akan terganggu, relasi dengan keluarga terganggu, kesehatan terganggu, dan yang paling buruk bisa berakibat fatal. Karena itu, jangan coba-coba menggunakan barang bahaya ini karena resiko sangat tinggi bagi tubuh.

Peredaran dan dampak napza saat ini sudah sangat mengganggu. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut menjadi tingkat penggunakan semakin meningkat. Tak pandang bulu, semua orang bisa mengalami kecanduan jika sudah merasakan zat berbahaya ini. Meski ada beberapa jenis yang bisa dipakai untuk keperluan pengobatan, namun tetap saja harus melalui pengawasan ketat dari dokter. Napza adalah zat yang harus dihindari jika hanya digunakan untuk senang senang. Anda akan merasakan akibatnya nanti jika sudah menggunakan dalam waktu yang lama.

Baca Juga :   Resistor Adalah

Akhir kata

Demikianlah ulasan dari pengertian.co.id mengenai Napza Adalah : Pengertian, Macam dan Jenisnya Lengkap, semoga bisa bermanfaat untuk anda.