Pengertian Edukasi

Posted on

Pengertian edukasi dan macam-macamnya. Edukasi merupakan proses kegiatan belajar individu atau kelompok. Adapun tujuan belajar ini agar meningkatkan kualitas pengetahuan, daya pikir dan juga mengembangkan setiap potensi yang dimiliki masing-masing individu. Proses edukasi di kehidupan sehari-hari sering disebut proses belajar.

Pengertian Edukasi

Intinya, edukasi merupakan proses belajar dari yang belum tahu menjadi tahu. Edukasi bukan sekedar menambah pengetahuan setiap individu. Namun juga masalah moral dan akhlak manusianya. Pasalnya sepintar apapun seseorang jika tidak ada akhlak akan sama saja. Nah, bagi yang ingin mengenal edukasi lebih dalam, Anda bisa simak ulasan berikut.


Pengertian Edukasi Menurut Beberapa Ahli

Sudah diberi penjelasan mengenai pengertian edukasi secara umum. Selain itu, para ahli juga memberi tanggapan seperti apa edukasi itu dari versi mereka. Berikut pengertiannya berdasarkan para ahli;


  1. KBBI

Edukasi menurut KBBI adalah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau kelompok agar menjadi lebih dewasa dari sebelumnya. Proses pengubahan sikap ini dilakukan melalui pengajaran, pelatihan dan juga cara mendidik seseorang tadi. Dengan proses belajar ini, seseorang diharapkan bisa menjadi lebih dewasa saat bertindak.


Baca juga: Pengertian Penawaran


  1. Wikipedia

Pengertian edukasi menurut Wikipedia adalah pembelajaran, pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari generasi ke generasi. Penurunan ini biasanya dilakukan melalui penelitian, pengajaran dan juga pelatihan. Sama dengan sebelumnya, pembelajarannya bertujuan agar seseorang tahu mana yang beda dan salah.


  1. Driyakara

Menurutnya, edukasi merupakan usaha untuk memberi pegangan kepada manusia dan mengangkat manusia menjadi lebih insani. Pegangan ini ditujukan untuk mensiasati perkembangan jaman yang memang sangat cepat seperti sekarang. Tujuannya agar manusia paham dan bisa menyesuaikan dengan peranannya.

Baca Juga :   Pengertian Anemia

  1. Ahmad D Marimba

Pengertian edukasi menurut Ahmad D Marimba adalah bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pihak pendidikan di perkembangan jasmani maupun rohani supaya menjadi lebih baik. ini ditujukan agar bisa membentuk kepribadian yang lebih utama dan berkualitas. Diharapkan setelah itu menjadi sosok yang lebih berguna bagi nusa dan bangsa.


Baca juga: Pengertian Wudhu


  1. Notoadmojo

Edukasi menurutnya sama dengan arti pendidikan. Dimana menjadi upaya yang telah direncanakan oleh seseorang agar bisa mempengaruhi orang lain, baik untuk individu maupun kelompok atau bahkan masyarakat. Setelah menerapkan pendidikan ini diharapkan bisa melakukan apa yang ada di pendidikan dengan baik.


  1. J. Langeveld

Pengertian edukasi merupakan upaya manusia yang sudah dewasa dengan membimbing manusia yang belum dewasa supaya menjadi sosok yang lebih dewasa. Menurutnya, edukasi menjadi sarana terbaik untuk membantu anak-anak untuk melaksanakan tugas dengan baik, membiarkannya hidup mandiri dan juga bisa bertanggung jawab secara susila.


Baca juga: Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli


Macam-Macam Edukasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa edukasi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu edukasi formal, informal dan juga non formal. Setiap macam/jenis edukasi ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Berikut penjelasannya;


  1. Formal

Melihat dari pengertian edukasi yang telah dibahas sebelumnya, edukasi formal merupakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah. Di pembelajaran ini ada sebuah aturan yang harus ditaati saat mengikuti pembelajaran yang dimaksud.

Tak hanya itu saja nantinya juga ada pihak yang bakal mengawasi setiap pembelajaran yang dilakukan. Di Indonesia, pendidikan formal mencangkup sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan juga pendidikan tinggi.


  1. Non formal

Jenis edukasi ini banyak ditemukan di tempat tinggal. Contohnya adalah pendidikan baca al Quran, kursus yang ada di lingkungan seperti kursus musik, kursus mobil dan sebagainya. Pengertian edukasi di pendidikan ini sangat kental karena mengubah individu menjadi sosok yang lebih paham akan sesuatu hal.

Baca Juga :   Tender Adalah

Sama dengan pendidikan formal, di pendidikan non formal Anda akan menemukan aturan meskipun tidak terlalu ribet. Hanya saja di sini tidak ada pengawas yang mengawasi setiap pembelajaran di pendidikan non formal ini.


Baca juga: Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli


  1. Informal

Pendidikan informal merupakan pendidikan yang ada di keluarga dan juga lingkungan sekitar. Di pendidikan ini ada pembelajaran secara mandiri dan juga didasari rasa tanggung jawab yang tinggi. Tidak ada aturan yang mengikat tapi pengertian edukasi didalamnya masih sangat terasa.


Baca juga: Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli


Pengertian edukasi dan macam-macamnya sudah dibahas di artikel ini oleh pengertian.co.id. Edukasi adalah bagian penting dari kehidupan manusia. Jadi wajar jika semua manusia membutuhkan edukasi.