Pengertian Gen Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Gen Menurut Para Ahliapakan anda pernah mendengar dan mengerti tentang istilah “buah yang jatuh tidak jauh dari pohon”? nah istilah tersebut memiliki arti jika anak akan memiliki beberapa sifat atau ciri yang diturunkan dari kedua orang tuanya. Pewarisan sifat atau ciri khusus dari orang tua inilah yang sekarang dikenal dengan nama gen. Gen akan membawa ciri khusus yang dimiliki ayah atau ibu dan akan diturunkan kepada anak mereka.

Pengertian-Gen-Menurut-Para-Ahli

Gen banyak dikenal dengan pembawa suatu unsur dari induk (orang tua bisa ayah atau ibu) kepada anaknya. Pada Gen ini bersifat partikel, namun perlu diketahui jika gen ini bisa membelah diri menjadi banyak (duplikasi diri). Gen terdiri dari 2 struktur yaitu DNA dan RNA. Bentuk dari gen adalah urutan sandi dari DNA yang terbentuk dari suatu protein. DNA yang menyandi ini disebut RNA. DNA dan Rna akan diwariskan dari seseorang ke orang lainnya melalui proses reproduksi, yang mana akan diwariskan kepada buah hati bukan kepada pasangan. Beberapa ahli mengemukakan gagasan mereka tentang arti dari gen ini diantaranya seperti:


Pengertian Gen Menurut Para Ahli

1. Ovisma

Ovisma mengemukakan pengertian gen sebagai sifat nyata merupakan sebuah keturunan yang berasal dari telur yang dihasilkan oleh induk. Sementara itu, laki laki disini hanya memiliki peran sebagai penghasil cairan yang berguna untuk menggiatkan gen tersebut. Sehingga Ovisma menyatakan bahwa kunci utama sebuah gen disini terletak di induk atau seorang ibu.

Baca Juga :   Resistor Adalah

Baca juga: Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli


2. Bonnet (1720 – 1793 )

Pada tahun 1720 hingga 1793, Bonnet melakukan penelitian terkait dengan gen yang diambil dari sel sperma. Namun, pada tahun itu Bondet hanya menemukan jika di dalam sperma sudah membentuk sebuah manusia kecil. Hal ini diperkirakan karena pada tahun tahun tersebut peralatan seperti mikroskop masih sederhana.


3. Francis Crick

Francis Crick menjelaskan pengertian gen yang tertuang dalam aliran informasi The Central Dogma yang membahas terkait dengan DNA, dan berbunyi aliran DNA informasi dapat diteruskan ke dalam sel serta individu lain dengan terjadinya sebuah duplikasi replika, bisa juga dikatakan dengan mediasi sinyal ke dalam bentuk RNA, yang setelah itu bisa  diterjemahkan ke dalam polipeptida dengan catatan pada unit pembangun fenotip ditemukan sebuah organisme.


3. Wolff (1733-1794),Von baer (1792-1880)

Teori Wolff dan Von Baer ini hampir sama dengan teori teori sebelumnya hanya saja ia mengemukakan jika sel telur dan sel sperma sedikit berbeda dari yang terdapat pada teori preformasi tetapi sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma akan melakukan sedikit demi sedikit pertumbuhan untuk berubah menjadi individu yang sempurna.


5. James Watson (1928) dan Kimiawan Inggris (1916)

James Easton dan seorang ahli kimiawan Inggris menjabarkan pengertian gen adalah bagian molekul yang berukuran sangat besar dan kompleks yang ditemukan di dalam inti semua sel dan tersusun atas asam deoksiribonukleat (DNA) molekul.


Baca juga: Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli


6. Thomas Hunt Morgan

Menurutnya, gen adalah sebuah materi yang kompak serta memiliki satuan informasi genetika yang dapat mengatur atau menurunkan sifat sifat terutama dari induk ke anaknya. Informasi genetik ini memenuhi lokus pada suatu kromosom. Gen juga bisa mengatur berbagai jenis karakter makhluk hidup terutama manusia baik dalam psikis maupun fisiknya.

Baca Juga :   Pengertian Anemia

7. Gregor Mendel

Gregory Mandel menyebutkan bahwa pengertian gen adalah bahan yang berhubungan dengan berbagai sifat dan karakter yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup terutama manusia yang dipercaya bisa diturunkan dari generasi yang terdahulu ke generasi baru.


Baca juga: Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli


8. Wilhelm Johansen

Menurutnya, gen adalah satuan unit paling kecil dari suatu makhluk hidup yang memiliki substansi hereditas dan bisa ditemukan di dalam lokus gen. Gen terbentuk dari protein protein dan asam nukleat yang memiliki ukuran kecil yaitu 4 hingga 8 mikron.

Banyak para ahli mengungkap pengertian gen khususnya para ahli biologi. Mereka tak sedikit melakukan penelitian demi mengungkap dan mempelajari terkait dengan gen yang dapat diturunkan ini. Pada umumnya, gen merupakan suatu partikel yang membawa sifat keturunan dan terdiri dari RNA dan DNA. Gen juga diwariskan dari individu ke individu generasi baru melalui proses reproduksi.


Baca juga:


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari pengertian.co.id mengenai Pengertian Gen Menurut Para Ahli, Semoga bisa bermanfaat untuk anda.