Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Kapitalisme Menurut Para AhliBicara tentang pengertian kapitalisme, hal yang muncul pertama kali di pikiran anda pasti salah satu negara adidaya yaitu Amerika Serikat. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan Amerika Serikat yang menjadi sebuah negara maju meliputi berbagai bidang. Mulai dari teknologi,perekonomian, gaya hidup, manufaktur, dan masih banyak lainnya. Akan tetapi, pengertian kapitalisme sendiri masih dianggap bukan hal positif oleh kebanyakan orang. Mereka berpendapat pengertian kapitalisme itu sangat sama dengan keuangan, keegoisan, pengeksploitasian pekerjaan, dan masih berbagai hal negatif lainnya.

Pengertian-Kapitalisme-Menurut-Ahli

Bagi bangsa Indonesia, istilah kapitalis atau kapitalisme dianggap bersebrangan dengan nilai yang ada. Apalagi, stigma negatif terhadap istilah itu sendiri sudah ditanamkan sejak lama. Hal ini terjadi karena kurangnya pengertian kapitalisme atau kapitalis itu sendiri. Bisa dikatakan, kapitalisme memiliki arti sagat luas dan rumit untuk dipahami secara singkat. Lalu, sebenarnya arti dari kapitalisme itu sendiri apa? Apakah memiliki sisi positif dari penerapan sebuah kapitalisme pada suatu negara? Berikut ini merupakanbeberapa penjelasan dan pengertian kapitalisme menurut berbagai ahli.


Baca juga: Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli


Istilah Kapitalisme Menurut para Ahli

1. Menurut Karl Marx

Mendengar nama Karl Marx, pasti anda akan teringat salah satu paham yaitu Marxisme. Karl Marx terkenal sebagai ahli dalam pemecahan teori-teori yang ada di bidang ekonomi, pemerintahan, dan kemasyarakatan. Ia juga mempelajari konsep kapitalisme ini dari berbagai sudut pandang seperti aspek ekonomi dan aspek politik. Menurutnya, pengertian kapitalisme merupakan sistem ekonomi yang dibuat dan digunakan dengan tujuan memperoleh keuntungan dari setiap proses produksi. Hal ini dijalnkn dengan cara mode of production, di mana proses pengorganisir setiap produksi secara terukur dan sistematis untuk menekan biaya produksi seminimal mungkin.

Baca juga: Pengertian Kolesterol

Keuntungan dari proses yang dijalankan akan mmebuahkan kekuatan dalam menyamakan buruh atau pekerja dan menguasainya. Karl Marx juga membagi sistem kapitalisme ini menjadi dua jenis yaitu kaum kapitalis dan kaum buruh. Di mana, kaum kapitalis adalah kaum borjuis dengan hak atas alat-alat untuk produksi. Sementara kaum buruh atau proletariat adalah kalangan yang tidak memiliki alat-alat produksi, bahan-bahan produksi, hingga ruang kerja.

Baca Juga :   Resistor Adalah

2. Menurut Max Weber

Salah satu anggapan yang berlawanan dengan sisi negatif dari pengertian kapitalisme adalah gagasan menurut Max Weber. Menurut Max Weber, kapitalisme juga memiliki keuntungan untuk kehidupan. Di mana, semangat kapitalisme ini sama  dengan semangat doktrin keagamaan. Kapitalisme hadir sebagai paham yang baik untuk lebih memanusiakan manusia agar rajin bekerja, memiliki hidup teratur dan hidup hemat. Hal ini dikaitkan dengan kapitalisme yang lahir dari sopan santun Protestan sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan.

Etika Protestan ini lahir sebagai kaum Calvinis yang berada di Eropa yang memiliki gagasan bahwa setiap orang telah ditakdirkan untuk masuk surga atau neraka sehingga untuk mencapai kebaikan, manusia harus berhasil  dalam pekerjaannya di dunia. Doktrin ini melahirkan karya bagi Weber yang diterapkam oleh para kaum Calvinis agar semangat dalam bekerja karena ukuran berhasil dunia ini akan mempengaruhi keberhasilan di akhirat.

Baca juga: Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli


3. Menurut Adam Smith

Lain halnya Adam Smith pada gagasannya untuk pengertian kapitalisme. Menurut beliau, kapitalisme ini ada untuk menyukseskan perekonomian yang baik. Di mana, suatu individu berperan besar dalam menyukseskan suatu bangsa dengan menjadikan individu tersebut menjadi tokoh yang dilihat. Hal ini karena ia memiliki hak atas alat-alat produksi, proses ditribusi, hingga pengelolaan untung atau laba. Menurut Adam Smith  jika pelaku kapitalis yaitu pemilik modal memiliki kebebasan dalam usaha, maka hal ini akan berdampak baik pada kehidupan masyarakat sekitar. Di mana, usaha yang dibangun oleh akan memberikan lapangan pekerjaan pada masyarakat dan mensejahterakan suatu negara.

Pada dasarnya, pengertian kapitalisme sendiri merupakan sebuah sistem ekonomi yang digunakan di daalam suatu negara dalam mengatur kebebasan pemilik modal untuk melakukan suatu kegiatan pekonomuan. Hal ini meliputi proses produksi, distribusi, pemsarann, dan lain sebagainya. Lalu, apakah sistem kapitalis ini baik untuk diterapkan atau malah buruk? Jawaban semuanya tergantun pada sudut pandang anda semua.

Baca Juga :   Pengertian Anemia

Baca juga:


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari pengertian.co.id mengenai Pengertian Kapitalisme Menurut Para AhliSemoga bisa bermanfaat untuk anda.