Pengertian Kolesterol

Posted on

Pengertian kolesterol tinggi, faktor dan gejalanya: Kolesterol adalah komponen tipe lemak yang bisa ditemukan di jaringan tubuh. Kolesterol serta komponennya menjadi bagian penting membrane sel dan menjadi prekursor komponen steroid. Meskipun perannya penting, meningkatnya salah satu jenis kolesterol, yakni LDL justru meningkatkan resiko penyakit jantung.

Pengertian-Kolesterol

Saat seseorang mengidap kolesterol tinggi, deposit lemak akan tertimbun di dalam pembuluh darah. Deposit inilah yang menyebabkan obstruksi sehingga aliran darah menjadi tak lancar. Akhirnya menyebabkan pasokan darah ke jantung akan berkurang.Hal seperti ini meningkatkan terjadinya serangan jantung dan stroke.


Faktor Yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Setelah mengetahui pengertian kolesterol, ada baiknya Anda tahu faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kolesterol tinggi. Tujuannya agar bisa mengantisipasi sehingga tidak beresiko terserang kolesterol tinggi. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kolesterol tinggi:


  1. Diet yang sembrono

Diet yang terlalu sembrono justu meningkatkan kolesterol tinggi. Ini disebabkan karena lemak jenuh sering dikonsumsi oleh tubuh. Dimana lemak jenuh sendiri berasal dari produk hewani dan lemak trans yang ditemukan di beberapa jenis kue kering dan biskuit. Makanan ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.


Baca juga: Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli


  1. Berat badan berlebihan

Bagi yang memiliki berat badan berlebihan, Anda juga mudah terserang kolesterol. Jadi tidak heran mulai dari sekarang atur berat badan. Seperti yang telah diketahui dari pengertian kolesterol, kolesterol akan semakin banyak jika tubuh Anda gemuk. Dimana mempunyai indeks masa tubuh melebihi 30 dapat menyebabkan resiko kolesterol tinggi.

Baca Juga :   Resistor Adalah

  1. Kurangnya olahraga

Olahraga sangatlah penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Olahraga yang pas dapat membantu untuk meningkatkan kolesterol baik di tubuh manusia. Bukan hanya itu, olahraga juga bisa meningkatkan ukuran partikel untuk membentuk LDL sehingga kolesterol tidak menjadi berbahaya saat di tubuh. Tidak heran mulai sekarang Anda harus rajin berolahraga.


  1. Merokok

Anda penggila rokok? Merokok juga meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia. Tidak heran karena rokok bisa merusak dinding pembuluh darah sehingga membuatnya lebih rentan menumpuk lemak. Padahal dari pengertian kolesterol yang sudah dibahas, lemak menyebabkan  meningkatnya kolesterol.


Baca juga: Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli


  1. Usia

Usia juga menyebabkan faktor seseorang terserang penyakit kolesterol. Umumnya, zat kimia dalam tubuh sering berubah karena faktor usia. Dengan begitu, resiko untuk terserang kolesterol tinggi juga sangat besar. Tidak heran Anda yang sudah berusia manula harus lebih berhati-hati. Selalu jaga konsumsi makanan yang dimakan.


  1. Diabetes

Diabetes juga menyebabkan kolesterol tinggi. Tidak heran jika penderita diabetes sangat rentan terserang kolesterol tinggi. Kadar gula tinggi pada tubuh menyebabkan lipoprotein densitas semakin tinggi dan menurunkan kolesterol HDL. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi tubuh. Bagi yang belum paham bisa mengulang pengertian kolesterol.


Gejala-Gejala Seseorang Terserang Kolesterol Tinggi

Bagi yang menderita kolesterol tinggi, tidak ada tanda atau gejala fisik yang dialami oleh penderita. Sehingga tidak ada gejala fisik yang ditemui. Lantas bagaimana cara untuk mengetahui gejala seseorang terserang kolesterol tinggi? Satu-satunya cara adalah dengan memeriksa kadar darah ke dokter. Dari sini Anda bisa tahu berapa kadar kolesterol dalam tubuh.


Baca juga: Pengertian Gen Menurut Para Ahli


Melihat dari pengertian kolesterol yang sudah dibahas sebelumnya, menderita kolesterol tinggi tentu saja sangat berbahaya bagi tubuh. Tidak heran karena kolesterol tinggi b isa menyebabkan akumulasi kolesterol berbahaya dan bisa mengendap ke dinding arteri tubuh. Penumpukan ini bisa menyebabkan aliran tubuh terhambat.

Baca Juga :   Pengertian Anemia

Tidak heran penderita kolesterol tinggi mengalami banyak komplikasi yang berbahaya, mulai dari sakit dada, stroke hingga serangan jantung. Nah, agar hal ini tidak terjadi pada Anda, ada banyak pengobatan atau pencegahan yang bisa dilakukan. Mungkin terbilang sederhana tapi sangat sulit diterapkan karena mengubah tatanan hidup penderita. Jadi untuk mencegah sekaligus mengobati kolesterol tinggi, Anda harus sering berolahraga.

Dengan berolahraga, kolesterol dalam tubuh bisa diatur dengan baik. Selain itu, selalu konsumsi makanan yang sehat dan jangan mengkonsumsi makanan cepat saji. Pasalnya akan membuat tubuh tidak enak. Selain itu kandungan zat jahat di makanan cepat saji jika kurang bagus. Itu pengertian kolesterol, semoga bermanfaat.


Baca juga :


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari pengertian.co.id mengenai Pengertian kolesterol tinggi, faktor dan gejalanyaSemoga bisa bermanfaat untuk anda.