Pengertian Penawaran

Posted on

Pengertian penawaran, jenis dan faktor penentu penawaran. Dalam ilmu ekonomi telah dijelaskan jika setiap perdagangan ada permintaan dan penawaran. Kuantitas dan harga barang akan ditentukan oleh dua hal tersebut. Jadi tidak heran Anda harus mengenali apa itu penawaran dan permintaan supaya bisa memprediksi perkembangan ekonomi kedepannya.

Pengertian-Penawaran

Di artikel ini kita tidak akan membahas keduanya. Namun hanya membahas seputar penawaran, jenis penawaran dan juga berbagai hal yang menentukan penawaran. Bagi yang penasaran, Anda bisa langsung simak saja ulasan berikut.


Pengertian Penawaran Dalam Ilmu Ekonomi

Pengertian penawaran secara umum adalah keseluruhan jumlah barang yang ada untuk ditawarkan di berbagai tingkatan harga tertentu serta waktu tertentu. Misalnya, jika harga barang di pasaran naik, maka barang yang ditawarkan di pasaran juga akan naik atau bertambah.

Begitu juga jika harga turun, umumnya barang yang ditawarkan juga lebih sedikit atau berkurang. Peranan penawaran ini sangat penting di dunia ekonomi. Pasalnya digunakan untuk melakukan analisa ekonomi mikro.


Baca juga: Pengertian Wudhu


Penawaran ekonomi juga digunakan untuk tolak ukur bagi model serta teori ilmu ekonomi lainnya. Dari penawaran ini, Anda juga bisa tahu perkiraan harga dan penyimbang kuantitas yang diminat serta kuantitas yang ditawarkan di pasar kompetitif. Jadi sudah paham seputar pengertian penawaran?


Jenis-Jenis Penawaran Yang Ada di Ilmu Ekonomi

Setelah paham apa itu penawaran di bidang ekonomi, kali ini Anda harus tahu jenis-jenis penawaran juga. Jadi penawaran secara umum merupakan langkah seseorang untuk menawarkan barang serta jasa kepada orang lain. Di bidang ekonomi, penawaran dibagi menjadi dua, yakni;

  1. Penawaran mikro, pengertian penawaran mikro adalah penawaran yang dilakukan oleh perorangan saja. Dimana produsen langsung menawarkan barang atau jasa ke konsumennya.
  2. Penawaran makro, berbeda dengan mikro yang hanya antara konsumen dan produsen saja, di penawaran makro ini lebih fokus di kondisi pasar secara menyeluruh atau global. Jadi cangkupannya lebih luas dibanding penawaran mikro.
Baca Juga :   Pengertian Anemia

Faktor Yang Menentukan Terjadinya Penawaran

Setelah tahu apa itu pengertian penawaran dan jenis-jenis penawaran, kali ini kita akan membahas di sub faktor apa saja yang menentukan terjadinya penawaran. Tentu saja penawaran dan produksi ada hubungan erat. Hal yang mendorong serta menghambat kegiatan produksi dipengaruhi oleh penawaran. Berikut faktor yang mempengaruh penawaran


  1. Harga barang

Faktor pertama yang menentukan penawaran adalah harga barang. Faktor ini juga menjadi faktor kunci atau faktor utama besar kecilnya penawaran untuk produk tertentu. Semakin tinggi harga barang di pasaran, sudah pasti semakin tinggi pula penawaran yang akan dilakukan oleh konsumen yang membutuhkannya.


Baca juga: Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli


  1. Jumlah penjual atau produsen

Dari pengertian penawaran yang telah dibahas di atas, tentu saja Anda tahu seberapa penting faktor yang satu ini. Jadi semakin banyak produsen barang, jumlah penawaran barang juga semakin tinggi. Misalnya jika daerah menjadi sentra produsen sepatu, maka penawaran sepatu di daerah tadi sangatlah tinggi.


  1. Bencana alam

Apabila ada bencana alam di suatu penghasil produk atau jasa, maka juga menentukan penawaran yang terjadi di dalam daerah atau luar daerah tersebut. Maksudnya, karena bencana tadi bisa dipastikan jumlah produksi dari barang tersebut akan berkurang. Hal ini juga mempengaruhi tingkat penawaran yang ada di masyarakat.


  1. Harga dari barang pengganti

Sesuai dengan pengertian penawaran, jika harga barang meningkat maka penawaran akan barang tersebut juga mengalami peningkatan. Tidak heran penjual menawarkan barang alternatif atau pengganti untuk barang utama tadi. Misalnya saja jika harga kopi di pasaran meningkat pasti menyebabkan harga barang pengganti.

Misal saja harga teh akan lebih rendah dibanding harga kopi tadi., ini menyebabkan  penjual banyak yang menjual teh dibanding kopi. Akhirnya Anda bisa menemukan penjual teh yang lebih banyak dibanding penjual kopi.

Baca Juga :   Pengertian Anemia

Baca juga:


Itu arti pengertian penawaran yang bisa kami bahas di artikel ini oleh pengertian.co.id. Penawaran menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam ilmu ekonomi yang ada di masyarakat. Tidak heran jika Anda yang bergerak di bidang ekonomi harus tahu apa itu penawaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.