Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli : Pada  umumnya  setiap  perusahaan  memiliki tujuan  untuk  memperoleh  laba  dan  keuntungan.  Para  manajemen  perusahaan  dituntut harus  bisa  memenuhi  target yang telah direncanakan. Profitabilitas adalah salah satu faktor yang penting untuk menilai suatu perusahaan. Profitabilitas selain digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba juga untuk melihat bagaimana efektifitas perusahaan dalam pengelolaan sumber-sumber yang dimilikinya.

Pengertian-Profitabilitas-Menurut-Para-Ahli

Rasio profitabilitas mengukur kesuksesan menajemen sebagaimana ditunjukkan oleh laba yang diperolah oleh penjualan dan investasi. Pertumbuhan profitabilitas ini dilihat dengan perubahan profit margin on sales. Dengan tingkat profitabilitas yang tinggi itu artinya perusahaan akan beroperasi pada tingkat biaya rendah dan akhirnya akan memberikan laba yang tinggi. Dengan akumulasi rasio profitabilitas, perbandingan dari sebuah perusahaan dengan perusahaan lainnya dapat dinilai dengan pasti. Hanya dengan melakukan perbandingan dapat mengetahui apakah profitabilitas dari suatu perusahaan baik atau buruk.


Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli

1. Menurut R. Agus Sartono (2010:122)

Agus Sartono menyatakan bahwa pengertian profitabilitas adalah kemampuan perusahaan mendapatkan laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva dan modal sendiri.


2. Menurut Kasmir (2011:196)

Kasmir menyatakan bahwa Rasio profitabilitas dalah rasio untuk meilahat kemampuan perusahaan dalam mencari laba.


Baca juga: Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli


3. Menurut Susan Irawati (2006:58)

Menurut Susan Irawati pengertian profitabilitas (Rasio keuntungan atau profitability ratios) adalah rasio yang digunakan untuk melihat efisiensi penggunaan aktiva perusahaan atau merupakan kemampuan suatu perusahaan untuk memiliki laba selama periode tertentu biasanya semesteran, atau triwulanan dan lain-lain untuk melihat peluang perusahaan dalam beroperasi secara efisien.

Baca Juga :   Pengertian Anemia

4. Menurut Gitman (2003:591)

Profitabilitas merupakan penghasilan bersih dari beberapa kebijakan dan keputusan perusahaan. Rasio profitabilitas melihat seberapa besar kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan., “ Profitability is the relationship between revenues and cost generated by using the firm’s asset- both current and fixed- in productive activities”.

Pengertian profitabilitas merupakan faktor yang seharusnya mendapat perhatian banyak orang karena untuk dapat melangsungkan hidupnya, suatu perusahaan harus memiliki keadaan memperoleh keuntungan (profitable). Tanpa memperoleh keuntungan (profit), maka dipastikan sangat sulit bagi peusahaan untuk mendapat modal dari luar. Para kreditur, pemilik perusahaan, dan paling utama dari pihak manajemen perusahaan akan berusaha mengusahakan keuntungan karena disadari benar betapa pentingnya arti dari profit terhadap kehidupan dan masa depan perusahaan.


Baca juga: Pengertian Kolesterol


5. Van Horne dan Wachowicz (2005:222)

Van Horne dan Wachowicz mengemukakan bahwa rasio profitabilitas terdiri atas dua jenis, yaitu rasio yang memperlihatkan profitabilitas  dalam  kaitannya dengan penjualan dan rasio yang memperlihatkan profitabilitas dalam kaitannya dengan investasi. Profitabilitas yang memiliki hubungan dengan penjualan terdiri atas margin laba kotor (gross profit margin) dan margin laba bersih (net profit margin). Profitabilitas yang berhubungan dengan investasi terdiri atas tingkat pengembalian atas aktiva (return on total assets) dan tingkat  pengembalian atas ekuitas (return on equity).


6. Menurut Gill (2003:36)

Pengertian profitabilitas menurut gill terbagi atas empat jenis model rasio yaitu Rasio Likuiditas (Liquidity Ratio), Rasio Profitabilitas (Profitability Ratio), Rasio Efisiensi (Efficiency Ratio), dan Rasio Modal Saham

Rasio Likuiditas ini digunakan untuk menghitung jumlah uang yang tersedia untuk melunasi biaya jangka pendek maupun jangka panjang. Rasio Profitabilitas ini dimanfaatkan untuk mengukur dan membantu mengendalikan pendapatan, yaitu dengan cara memperbesar penjualan, memperbesar margin, memperoleh manfaat yang lebih besar dari pengeluaran biaya-biaya, dan atau kombinasi ketiga hal ini.

Baca Juga :   Resistor Adalah

Baca juga: Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli


Pada Rasio Efisiensi ini digunakan untuk menghitung dan mengendalikan operasi perusahaan. Rasio ini melengkapi rasio lainnya untuk membantu perusahaan meningkatkan keuntungan dengan menilai transaksi-transaksi penting, seperti menggunakan pinjaman, menjaga persediaan, dan manajemen asset. Rasio Modal Saham ini digunakan terutama oleh investor untuk memilih apakah ia membeli saham sebuah perusahaan atau tidak.

Dari  definisi-definisi  diatas,  dapat  disimpulkan  bahwa Rasio  profitabilitas  yaitu  berfungsi untik  menunjukan  keberhasilan  perusahaan didalam    mendapatkn    keuntungan.    Investor    yang    potensial akan memantau dengan cermat kelancaran sebuah perusahaan dan kesempatan untuk   memperoleh   keuntungan.   Semakin   tinggi   rasio profitabilitas  maka  semakin  tinngi juga  perolehan keuntungan perusahaan.


Baca juga:


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari pengertian.co.id mengenai Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli, Semoga bisa bermanfaat untuk anda.