Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian revolusi menurut para ahli: Banyak dari kita yang mendengar nama revolusi. Sebenarnya apa sih revolusi itu? Banyak pihak yang menjelaskan apa itu revolusi di kehidupan manusia. Secara umum, revolusi merupakan perubahan yang dilakukan secara cepat di bidang sosial atau budaya. Perubahannya masih melibatkan poin utama dasar dan kehidupan masyarakat.

Pengertian-Revolusi-Menurut-Para-Ahli

Saat revolusi, perubahan yang dimaksud dapat dilakukan secara terencana maupun tidak terencana. Selain itu perubahannya bisa juga dilakukan dengan kekerasan dan tanpa kekerasan. Ukuran waktu untuk revolusi menyesuaikan kondisi. Pasalnya bisa berlangsung cukup lama atau singkat. Selain itu, revolusi juga dijabarkan oleh beberapa ahli. Berikut pengertiannya:


Pengertian Revolusi Dari Para Ahli

  1. Menurut Wikipedia

Wikipedia juga menjabarkan revolusi berdasarkan informasinya sendiri. Tentang pengertian kata revolusi menurut Wikipedia adalah sebuah perubahan besar dari sisi kebudayaan dan sosial yang berlangsung sangat cepat dan bisa diatur beberapa dasar pokok penting seputar kehidupan manusia.


Baca juga: Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli


  1. Menurut KBBI

Berdasarkan KBBI, revolusi merupakan perubahan ketatanegaraan, atau pemerintah yang dapat dilakukan dengan konsep kekerasan, misalnya memakai senjata. Kamus Besar Bahasa Indonesia juga menambahkan jika revolusi adalah peribahan besar yang mendasar dan biasanya hanya dilakukan di satu bidang saja.


  1. Menurut Koentjaraningrat

Pengertian revolusi juga dijabarkan langsung oleh Koentjaraningrat. Konsep dari revolusi menurut Koentjaraningrat adalah usaha untuk mendapatkan sisi kehidupan yang sesuai dengan jaman dan memiliki konstelasi dunia di era saat ini. Artinya, revolusi mengubah kehidupan manusia yang bisa bertahan di era sekarang.


  1. Menurut Selo Soemardjan

Menurutnya, revolusi merupakan perubahan besar dari lembaga sosial yang ada di masyarakat yang bisa mempengaruhi sistem sosial kehidupan manusia. Termasuk didalamnya adalah nilai-nilai, sikap dan pola pikiran serta pola perilaku di antara kelompok elf di setiap bagian masyarakat.


  1. Menurut Wijoyo Nitisastro

Wijoyo Nitisastro menyebutkan jika pengertian revolusi menurutnya adalah proses transformasi atau perubahan secara total dari kehidupan tradisional bersama dengan teknologi yang baik Tujuannya agar kehidupan tradisional dan teknologi modern bisa berdampingan. Dalam arti biasanya nilai yang paling sering terlihat adalah organisasi sosial maupun ekonomi dan politik.


Baca juga: Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli


  1. Menurut Soerjono Soekanto

Revolusi menurutnya merupakan perubahan dari perubahan sosial yang ada di kehidupan manusia. Perubahan tersebut ada perencanaan yang tidak bisa ditanggapi begitu saja. Sedangkan perencanaan ini biasanya memiliki tujuan untuk mengubah bentuk sosial yang bisa diarahkan dan berdasarkan perencanaan sosial.


  1. Menurut Harold Rosenberg

Pengertian revolusi menurut Harold Rosenberg adalah tradisi baru yang bisa menjalankan urbanisasi atau sejauh apa dan bagaimana erosi tempat umum properti pedasaan. Tradisi baru ini bisa menyebabkan tradisi lama berkurang. Atau juga bisa tradisi lama dan tradisi baru menyatu dengan tatanan kehidupan yang tidak lagi sama.


  1. Menurut Schoorl

Schoorl juga memberi tanggapan seperti apa revolusi itu. Menurutnya, revolusi merupakan pergantian cara tradisional produksi dengan cara yang dapat ditampung dalam tatanan baru yang lebih modern. Jika dilihat dari pengertiannya, revolusi yang dimaksud adalah revolusi industri yang sekarang sedang ngetrend di dunia perindustrian.


  1. Menurut Astrid S Susanto

Astrid S Susanto juga memberi tanggapan seperti apa revolusi menurutnya. Pengertian revolusi menurut Astrid S Susanto adalah proses pembangunan yang memberi kesempatan untuk sebuah pekerjaan yang berarti. Pembangunan yang dimaksud berupa pembangunan tradisional dan juga bisa membagi ekonomi atau ketatanegaraan.


Baca juga: Pengertian Gen Menurut Para Ahli


  1. Menurut Kingsley Davis

Kingsley sebagai sosok ahli ketatanegaraan juga menyebutkan apa itu arti revolusi. Ia menyebutkan bahwa revolusi adalah perubahan sosial yang terjadi di struktur dan juga fungsi masyarakat. Perubahan tersebut bisa dilakukan secara menyeluruh dan juga sebagian. Perubahannya bisa mencangkup bidang sosial, budaya atau hanya bidang ekonomi.


  1. Menurut Wiliam Ogburn

Pengertian revolusi menurut William Ogburn mencangkup perubahan tatanan kehidupan. Ruang lingkup peribahan sosial tadi daerah kurang budaya. Baik secara materi maupun non materi. Tujuannya tidak lain untuk menekankan pengaruh besar yang berasal dari bahan budaya dan elemen budaya di tatanan kehidupan manusia.


Baca juga: 

Baca Juga :   Pengertian Anemia

Kata Akhir

Demikianlah ulasan dari pengertian.co.id mengenai Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli, semoga bisa bermanfaat untuk anda.