Pengertian Wudhu

Posted on

Pengertian wudhu dan tata cara melakukannya. Wudhu menjadi hal yang harus dilakukan agar mampu menjaga kebersihan serta kesucian badan dari hadats kecil. Biasanya ini dilakukan sebelum melakukan ibadah seperti sholat. Lantas apa sebenarnya Wudhu itu? Perintah melakukan Wudhu ada di surat Al Maidah 6.

Pengertian-Wudhu

Ayat inilah yang dijadikan dasar perintah berwudhu untuk bersuci sebelum melakukan shalat. Allah adalah Dzat yang maha suci dan mencintai kesucian serta kebersihan. Tidak heran sebelum menghadap Allah ketika shalat, membaca Al Quran atau Tawaf, kita harus memastikan tubuh dalam kondisi suci terlebih dahulu.


Pengertian Wudhu

Wudhu sendiri asalnya dari kata Wadha’ah yang memiliki arti bagus (hasan) dan indah atau elok. Berdasarkan istilah, pengertian Wudhu adalah membersihkan tubuh dengan air di anggota tubuh tertentu dan mendahuluinya dengan niat. Selain pengertian tersebut, Wudhu dalam bahasa Arab digunakan untuk menyebutkan kegiatan membasuh tangan atau mulut setelah makan.

Wudhu menjadi sah apabila memakai air karena fungsinya sebagai penghilang hadats. Namun bagi yang tidak menemukan air, bersuci bisa dilakukan dengan metode lain yang disebut dengan tayamum. Tayaman bukan sebagai penghilang hadats, melainkan hanya sekedar agar bisa mengerjakan sholat saja.


Baca juga: Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli


Berdasarkan pengertian Wudhu yang telah disebutkan, para ulama menyebutkan jika tidak akan sah sholat seseorang jika tidak berwudhu padahal ia mampu melakukannya. Ini menjadi tanda jika wudhu menjadi hal penting sehingga setiap muslim perlu memperhatikan kualitas wudhunya masing-masing. Rasulullah juga memerintah kita untuk selalu menjaga Wudhu setiap saat.,

Baca Juga :   Pengertian Anemia

Tata Cara Melakukan Wudhu Yang Benar

Bagi yang ingin melakukan Wudhu, ada tata cara yang harus dilakukan. Pastikan menerapkan tata cara ini secara runtut agar Wudhu sah. Berikut tata caranya;

  1. Niat Wudhu

Sdetelah tahu pengertian Wudhu, Anda juga harus tahu tata cara wudhu. Pertama, harus niat terlebih dahulu. Niat ini menjadi tanda kesungguhan hati untuk berwudhu karena perintah Allah SWT dan mengikuti ajaran Rasulullah SAW. Niatnya “Nawaitul Wudhuu’a lirafill hadatsil ashghari fardhal lilahi taala”


  1. Membaca Basmallah

Setelah membaca niat dengan sepenuh hati, selanjutnya membaca basmallah. Saat membaca ini harus dilakukan sambil mencuci kedua telapak tangan sebanyak 3 kali sampai ke sela jari. Bagi yang lupa membaca bismillah, wudu tetap sah.


  1. Berkumur-kumur

Setelah membaca basmallah dan mencuci telapak tangan sebanyak 3 kali, berikutnya adalah berkumur tiga kali. Pastikan air yang masuk ke dalam mulut diputar dan mengeluarkannya. Tujuannya agar bisa membersihkan makanan yang kemungkinan terselip di gigi. Ini penting setelah Anda tahu pengertian Wudhu.


Baca juga: Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli


  1. Mencuci lubang hidung

Berikutnya adalah mencuci lubang hidung sebanyak 3 kali agar kotoran di hidung bisa keluar semua. Disunnahkan juga untuk mencuci lubang hidung dengan menghirup air sekali hirup dan mengeluarkannya dengan memencet hidung tadi.


  1. Mencuci muka

Saat mencuci muka sebaiknya melakukannya dari ujung kepala yang tumbuh rambut hingga bawah dagu. Jangan lupa untuk membersihkan bagian telinga kanan ke telinga kiri juga. Berdasarkan pengertian Wudhu dari para ulama, tahapan ini harus dilakukan sebanyak 3 kali.


  1. Mencuci kedua belah tangan sampai siku

Berikutnya setelah mencuci muka adalah mencuci kedua belah tangan sampai siku sebanyak 3 kali. Menurut Sunnah disarankan untuk mendahulukan anggota tubuh kanan terlebih dahulu. Pastikan saat mencuci kedua belah tangan sampai siku karena ada perintah di Al Maidah ayat 6 yang sudah menjadi landasan muslim berwudhu.

Baca Juga :   Tender Adalah

Baca juga: Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli


  1. Mengusap kepala

Cara untuk berwudhu berikutnya adalah mengusap kepala dari depan sampai ke bagian belakang sebanyak satu kali. Ini sesuai dengan sunnah Rasulullah berdasarkan pengertian Wudhu yang diberikan oleh para Ulama.


  1. Membersihkan telinga

Setelahnya Anda juga harus membersihkan kedua telinga saat berwudhu tanpa mengganti air Wudhu yang baru. Tata caranya dengan memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga dan mengusapnya menggunakan ibu jari di bagian daun telinga.


  1. Cuci kaki sampai atas mata kaki

Pengertian wudhu dan tata cara berwudhu terakhir adalah mencuci kaki hingga atas mata kaki. Langkah ini harus dilakukan sebanyak 3 kali dan bisa dilakukan di bagian kaki kanan terlebih dahulu.


Baca juga:


Itu tata cara serta pengertian Wudhu yang benar sesuai sunnah Rasulullah yang dibuat oleh pengertian.co.id. Sebagai muslim yang baik, lakukan tata cara Wudhu sesuai aturan agar setiap ibadah yang kita lakukan diterima.