Selulitis Adalah

Posted on

Selulitis Adalah : Penyebab, Gejala, Pencegahan, Pengobatan, Komplikasi : Selusitis mungkin masih asing di kalangan masyarakat awam. Namun, pada kenyataannya telah banyak kasus penyakit ini berkembang di masyarakat. Hal tersebut dikarenakan pada awal munculnya gejala ini, selulitis sering kali disepelekan. Padahal, apabila penyakit tersebur dibiarkan tak terawat dapat menjadi penyakit yang serius bagi penderitanya.

Selulitis Adalah

Penderita dari penyakit selulitis dapat diaalami oleh semua kelompok usia, mulai dari anak-anak sampai dengan usia lansia dapat berpotensi terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri streptococcud dan staphylcoccus ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala dari pencegahan dari penykit ini.


Selulitis Adalah

1.    Mengenal Selulitis

Selulitis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang dapat memberika dampa yang serius apabila tdak ditangani secara lanjut. Selulitis akan menyebar secara luas di kulit dan lapisan di bawahnya secara luas apabila gejala dari munculnya penyakit tersebut diabaikan.


2.    Penyebab Selulitis

Sudah disebutkan sebelumnya jika penyakit ini disebabkan oleh dua jenis bakteri utama dan beberapa jenis bakteri lain yang tumbuh dan berkembang pada kulit yang sedang terluka. Terdapat faktor-faktor yang dapat mningkatkan potensi dari resiko seseorang terkena sluliti. Faktor tersebut adalah obesitas, diabetes, memiliki kekebalan tubuh yang rendah, limfedema, gangguan aliran darah, dan pernah mendrita selulitis atau penyakit kulit lain sebelumnya.


Baca juga: Google Form Adalah


3.    Gejala Selulitis

Seluliis adalah penyakit kulit yang gejala dari infeksi penyakit silulitis sendiri cukup terlihat secara jelas. Gejala tersebut berupa kulit berwarna kemerahan, bengkak, melepuh, bernanah atau berair, kulit terasa hangat dn lembut ketika disentuh, hingga timbulnya demam tubuh. Apabila gejala-gejala tersebut mulai muncul alangkah sangat baiknya jika anda melakukan pengobatan dan tidak menspelekan penyakit tersebut.

Baca Juga :   Tender Adalah

4.    Pencegahan Selulitis

Pencegahan utama dari penyakit kulit ini adalah denga melakukan pola hidup sehat. Kenapa bbisa begitu? Karena bukankah penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan bakteri dapat larut dengan air dengan menjaga kebersihan dan rutin cuci tangan menggunakan air dan sabun. Selain itu, penyakit ini dapat dicegah dengan menggunakan alas kaki saat keluar rumah, memotong kuku untuk menghindari luka, menjaga kelembapan kult, menghindari obesitas, jika anda memiliki riwayat penyakit kuit lain akan lebih baik jika melakukan kontrol ke dokter secara rutin.


5.    Pengobatan Selulitis

Selulitis adalah penyakit kulit yang dapat menimbulakan bahaya yang serius. Pengobatan dari kulit terluka yang terkena selulitis dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan infeksi kulit yang dialami serta kondisi pasien ketika itu. Pabda tahap pertama, orang yang telah didiaknosa terkena penyakit ini akan diberikan obat antibiotik untuk menghentikan perkembangbikan bakteri tersebut dari dalam kulit. Obat antibiotik tersebut pada umumnya diberikan kepada pasien untuk diminum dalam jangka waktu antara 5 sampai dengan 14 hari.

Apabila kondisi pasien sudah parah dan memiloki diaknosis penyakit lain, tindakan terahir yang dilakukan adalah dengan melakukan tindakan operasi. Penderita penyakit ini biasanya juga disarankan untuk menggerakan anggota tubuh yang terinfeksi secara rutin, mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, tidak menggunakan stoking ketat sebelum luka tersebut sembuh, dan meninggikan bagian tubuh yang terkena silulitis.


6.    Komplikasi

Taukah and jika penyakit kulit yang sederhana pabila dibiarkan dapat menyebabkan penyakit serius lainnya. Silulitis adalah penyakit yang biasa di anggap biasa dan tidak dilakukan perawatan lebih lanjut namun dapat mngundang komplikasi penyakit lainnya. Dan inilah yang menyebabkan penyakit selulitis berbahaya. Komplikasi yang dimungkinkan dari penyakit tersebut adalah infeksi aliran darah, sepsis (turunya tekanan darah secara drastis), infeksi tulang, limfedenitis (peradangan pda kelenjar getah bening), gangrene (matinya jaringan tubuh karena tidak ada pasokan darah), dan facial lining.

Baca Juga :   Pengertian Anemia

Mensepelekan penyakit bukanlah tindakan yang bijak. Terkadang penyakit yang sepele tersebut dapat menyebabkan penyakit yang serius. Seperti halnya dengan penyakit silulitis. Bagi sebagian orang selulitis adalah penyakit kulit yang biasa. Namun, komplikasi yang ada dapat mengundang bahaya. Alangkah sangat baik jika anda mencegah penyakit tersebut dengan cara melakukan pola hidup sehat dan bersih.


Baca juga: Wahabi Adalah


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari pengertian.co.id mengenai Selulitis Adalah : Penyebab, Gejala, Pencegahan, Pengobatan, Komplikasi, semoga bisa bermanfaat untuk anda.