Variabel Penelitian Adalah

Posted on

Variabel Penelitian Adalah : Pengertian dan Jenis-Jenisnya : Objek Atau Atribut yang Menjadi Perhatian Dalam Penelitian : Dalam sebuah penelitian, tentu variabel sangat dibutuhkan. Variabel penelitian sendiri termasuk kedalam rancangan penelitian yang disusun sebelumnya. Dengan merancang suatu prosedur secara sistematis, tentu penelitian dapat berjalan lancar. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menyimak beberapa hal mengenai variabel penelitian berikut:

Variabel Penelitian Adalah


Inilah Informasi Terkait Variabel Penelitian yang Perlu Dipahami

Pengertian variabel penelitian

Variabel merupakan suatu objek yang diteliti atau diamati dalam penelitian. Atau juga bisa dikatakan sebagai faktor penting dalam penelitian yang dilakukan. Terdapat beberapa pendapat para ahli terkait variabel, diantaranya:

  1. Arikunto menyatakan bahwa variabel penelitian adalah apa yang menjadi titk perhatian atau objek dari penelitian yang dilakukan.
  2. Kerlinger (2006:49) berpendapat bahwa variabel merupakan sebuah konstruk yang aakan dikaji dan mempunyai nilai yang bervariasi. Tak hanya itu, Kerlinger juga menyatakan jika variabel penelitian merupakan sebuah lambang yang diletakkan di sebuah nilai.
  3. Sugiyono berpendapat bahwa variabel adalah segala sesuatu yang ditetapkan oleh peneliti dan dapat berbentuk apa saja untuk dikaji hingga mendapatkan informasi terkait penelitian lalu diambil kesimpulannya.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa variabel penelitian merupakan sifat dan atribut atau nilai pada objek bervariasi yang ditetapkan untuk dikaji dan disimpulkan oleh peneliti. Maka dari sini anda dapat memahami bahwa dalam sebuah penelitian perlu dilakukan perancangan terlebih dahulu, termasuk halnya variabel, agar sebuah penelitian dapat berjalan hingga pada tahap kesimpulan.

Baca Juga :   Resistor Adalah

Baca juga:


Jenis – jenis varibel penelitian

  1. Variabel bebas

Merupakan sebuah variabel stimulus, atau dalam arti kata lain merupakan variabel yang dapat mempengaruhi variabel terikat. Variabel penelitian adalah independen, atau yang menjadi prediktor terhadap variabel terikat. Hasil dari variabel terikat sendiri adalah bervariasi. Dalam sebuah penelitian, variabel bebas adalah variabel yang dimainkan oleh peneliti. Sebagai contoh pada sebuah penelitian eksperimental, antara pengaruh merokok pada kesehatan paru-paru. Merokok merupakan variabel bebas, sedangkan kesehatan paru-paru merupakan variabel terikat. Sekali lagi, variabel bebas menentukan variabel terikat.


  1. Variabel aktif & variabel atribut

Variabel aktif merupakan variabel bebas yang dimainkan atau dimanipulasi. Sebagai contoh, peneliti melakukan eksperimen tentang efektivitas metode belajar pada kedua kelompok. Satu kelompok diberi perlakuan metode belajar dengan membaca, sedangkan kelompok lainnya diberi perlakuan metode belajar dengan menggunakan video. Variasi dari variabel bebas inilah yang disebut dengan variabel aktif.

Berbeda dengan variabel aktif, variabel atribut tidak dapat dimainkan. Sebagai contoh adalah mengenai intelegensi peserta, status sosial ekonomi, jenis kelamin, dan sikap. Variabel penelitian adalah tidak dapat dirubah pada subjek karena pengaruh lingkungannya dan situasi-situasi lain diluar penelitian.

Pada sebuah penelitian juga dapat ditemukan bahwa variabel aktif dan terikat dapat bersifat sama. Contohnya peneliti melakukan eksperimen tentang kecemasan subjek. Dari sini dapat dipahami bahwa kecemasan merupakan suatu bentuk dari variabel atribut. Namun adakalanya kecemasan juga merupakan variabel aktif dikarenakan kecemasan itu sendiri dapat dimanipulasi melalui metode-metode yang dilakukan oleh peneliti seperti pemberian suasana gelap di ruangan, pembunyian suara keras berulang-ulang, dan sebagainya.


Baca juga:

Baca Juga :   Pengertian Anemia

3.Variabel kategori dan variabel kontinu

Variabel kategori terkait dengan kegiatan pengukuran atau juga bisa disebut pengukuan nominal. Individu-individu akan dikategorisasikan berdasarkan ciri khas yang dimiliki. Contohnya adalah variabel kategori dikotomis yang meliputi republik – demokrat, kulit hitam – kulit putih, dan sebagainya. Inti dari variabel penelitian adalah tentang jawaban ‘ya’ dan ‘tidak’.

Lain halnya dengan variabel kategori, variabel kontinu lebih menekankan pada suatu urutan peringkat yang ditentukan oleh harga-harga atau nilai tertentu. Contohnya variabel terkait kelas ekonomi, maka akan terdapat peringkat yaitu kelas ekonomi atas, kelas ekonomi menengah, dan kelas ekonomi rendah. Seperti namanya, variabel kontinu bersifat kontinum. Artinya memiliki nilai yang dapat dimuat pada suatu range yang ditetapkan.


Baca juga:  Selulitis Adalah


Itulah dia beberapa informasi terkait variabel penelitian yang dibahas oleh pengertian.co.id. Berdasarkan pengertian dan jenis-jenis variabel penelitian yang telah diungkapkan, maka dapat diketahui bahwa variabel sangat menentukan berjalannya suatu penelitian. Variabel penelitian adalah hal yang patut diperhatikan ketika melakukan sebuah penelitian.