Wahabi Adalah

Posted on

Wahabi Adalah : Membicarakan masalah agama menjadi perbincangan yang cukup sensitif. Mengingat agama memiliki peranan fundamental dalam kehidupan seseorang. Dan setiap orang memiliki pemahaman dan keyakinan masing-masing yang berbeda atas hal tersebut. Oleh karena itu, penulis meminta maaf apabila ada perbedaan presepsi atau kesalahan yang terdapat pada artikel ini.

Wahabi Adalah

Pada artikel ini akan dibahas secara umum tentang apa itu wahabi, sejarah dari wahabi, serta perkembangan wahabi di Indonesia. Pembahasan ini mungkin akan menarik sekaligus riskan untuk menimbulkan konflik, kritik, dan kontroversi bagi pembaca. Dimohon pembaca untuk membaca seksama untuk memahami presepsi atau sudut pandang dari penulis. Apabila terdapat perbedaan sudut pandang silakan mngisi kolom kitik yang tersedia untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas atu membenarkan kata yang salah dari artikel ini. Berikut merupakan pembahasan wahabi secara garis umum.


Wahabi Adalah

1.    Mengenal Wahabi

Wahabi adalah salah satu aliran dari banyaknya aliran yang terdapat di agama Islam. Wahabi atau yang dalam bahasa Indonesia sebenarnya dari serapan bahasa Arab Wahhabisme kini memiliki nama lain yang tidak kalah populernya, nama tersebut adalah Salafi. Namun, terdapat juga yang beranggapan wahabi berbeda dengan salafi. Wahabi ingin melakukan reformasi untuk menuju Islam yang sesungguhnya, di mana semua sendi-sendi kehidupan dilakukan dengan cara-cara Islam.


Baca juga: CPO Adalah


2.    Salafi Wahabi

Apabila diartikan menggunakan bahasa Salafi memiliki makna orang terdahulu. Salafi di Indonesia lebih dikenal dengan Salaf. Mazhab Salafi mulai muncul pada akhir abad 19 oleh gerakan intelektual Universitas Al-Azhar yang dipimpin oleh Muhammad Abduh.

Baca Juga :   Pengertian Anemia

Mensi ada yang mengatakan wahabi adalah salafi. Namun, untuk kembalia pakah salafi dan wahabi itu sama atau tidak sampai sekarang belum diketahui secara jelas. Melihat dari sejarah keduanya yang berbeda namun memiliki beberapa kesamaan dalam menjalankan prinsipnya.


3.    Sejarah Wahabi

Wahabi mulai berkembang pada abad ke 18 atas buah pemikiran dari seorang teolog bernama Muhammad bin Abdul Wahhab. Pemikiran dari Muhammad bin Abdul Wahhab tersebut menyinggung tentang reformasi untuk kembali kepada ajaran monoteisme murni. Yaitu kembali kepada ajaran Islam dalam menjalankan khidupan secara keseluruhan dengan berdasarkan kepada Al Qur’an dan Hadis. Dakwah utama dari wahabi adalah tentang tauhid atau ke-Esaan Allah.


4.    Ciri-Ciri Wahabi

Wahabi adalah aliran yang mengingan kembali kepada Islam yang murni. Wahabi ini memilki ciri-ciri khusus bagi pemeluknya.

  • Meninggalakan qunut, hal tersebut bukan berarti semua yang meninggalkan qunut wahabi. Tetapi, wahabi memiliki ciri khusus tidak menggunakan doa qunut.
  • Meninggalkan sholat sunah qabliyah, perlu di garis bawahi juga jika mereka yang meninggalkan sholat ini sebelum melakukan sholat Jumat.
  • Mengganggap percaya dengan imam-imam mazhab dianggap (Imam Syafi’i, Imam Hanifah, Imam Malik, Imam Hambali) syirik.
  • Mengharamkan bacaan Al Quran yang dikirimkan oleh orang yang telah meninggal.
  • Melarang ziarah, ciri wahabi selanjutnya adalah melarang ziarah kubur kepada orang yang telah meninggal.
  • Mengharamkan Maulud Nabi, jika biasanya kita merayakan atau memperingati maulid Nabi, orang-orang yang menganut wahabi justru melarang bahkan mesyirikan maulid nabi Muhammad.

5.    Wahabi Di Indonesia

Di Indonesia Wahabi adalah aliran wahabi di Indonesia. Akan tetapi, meskipun Indonesia menjadi negara dengan penganut umat Muslim terbesar di dunia aliran wahabi tidak populer di Indonesia. Justru saat ini Islam moderatlah yang cukup populer di Indonesia. Pernah terdapat kasus penolakan aliran wahabi di Indonesia. Kasus tersebut terjadi di Pamekasan, Madura, jawa Timur dimana terdapat masa yang melakukan unjuk rasa.

Baca Juga :   Tender Adalah

Wahabi memang menimbulkan pro dan kantra dikalangan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Ada yang menerima aliran tersebut ada juga yang menolak terang-terangan dengan aliran tersebut. Tentunya masing-masing dari mereka memiliki arisan sendiri-sendiri.

Keyakinan wahabi adalah keyakinan yang berasal dari dalam hati. Namun, pastikan pula keyakinan yang dimiliki tidak mengganggu ataupun merugikan orang lain. Bukankah manusia yang baik harus seimbang antara baik dengan Allah dan baik dengan semama manusia. Aliran apa yang anda pilih dan anda yakini tidak boleh merugikan orang lain. Bukankah orang mulia akan memberikan maanfaat kepada agamnya, orang di sekitarnya, dan bangsa.


Baca juga: Google Form Adalah


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari pengertian.co.id mengenai Wahabi Adalah, Semoga bisa bermanfaat untuk anda.